Always Be Professional

Search This Blog

March 8, 2020

4 Hal yang Harus Disesuaikan Dalam Menentukan Terget Pengguna Aplikasi

Dalam membuat sebuah aplikasi sebelumnya kita juga harus emnnetukan target dari pengguna aplikasi kita. Pengguna atau dikenal dengan istilah brainware merupakan seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan perangakt tekologi seprti hardware dan software. Apabila kita sudah menentukan pengguna dari aplikasi yang ingin kita buat maka kita harus menyesuaikan User Interface dari aplikasi kita sehingga pas mengenai target pengguna.

Dalam artikel sebelumnya User Interface harus dibuat se-user friendly mungkin agar pengguna yang memakainya tidak bingung dan kelabakan dalam menggunakan aplikasi kita. Pastikan juga pengguna mendapatkan feedback yang dia inginkan. Untuk mendapatkan itu semua kita harus menyesuaikan user interface dengan target pengguna aplikasi kita. Misal target pengguna kita adalah orang tua umur 30 tahun keatas tidak mungkin kita membuat font di aplikasi kita dengan ukuran kecil dan penuh dengan warna. Hal ini astinya membuat daya tarik aplikasi kita menurun.

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan dalam menentukan target pengguna :

1. Usia
Setiap rentang jarak usia memiliki karakternya masing-masing. Usia tua cenderung menyukai suatu yang simple dan pastinya mudah untuk digunakan, hal ini berbeda dengan usia remaja. Usia remaja cenderung menyukai suatu aplikasi yang estetik, waran akekinian yang enak dipandan mata, serta memiliki fitur yang menarik laiinya. Rentang usia anak kecil juga pastinya akan sangat berbeda. Anak kecil umumnya menyukai aplikasi yang penuh dengan warna, banyk memiliki animasi yang menarik serta ada lagu-lagu yang menghibur. Seorang developer user interface pastinya harus peka dalam menentukan target pengguna dari aplikasi yang ingin dibuat.

2. Jenis kelamin
Hal ini juga menjadi sangat krusial. Laki-laki dan perempuan memiliki selera yang berbeda pastinya. Apabila kalian ingin membuat aplikasi untuk wanita warna yang harus kalian pilih haruslah warna yang terang dan sedikit feminim. Apabila aplikasi kalian ditujukan untuk laki-laki maka pilihlah warna yang cenderung memberi kesan cool dan kharismatik. Apabila kalian membuat aplikasi bertujuan untuk keduanya maka pilihlah warna yang netral.

3. Letak geografis
Factor ini juga sangat penting. Biasanya letak geografis menentukan bahasa dan kebiasaan yang berbeda untuk setiap lokasinya. Apabila anda ingin membuat aplikasi untuk daerah indonesia terutam daerah kota kecil, maka gunakanlah bahasa indonesia yang baik dan benar selain itu kalian juga harus menjaga norma yang berkembang jangan sampai ada yang menyimpang. Maka dari itu untuk menentukan target pengguna pastika kalian mengetahui dengan pasti tentang letak wilayah target pengguna.

4. Minat
Setiap pengguna pastinya memiliki minatnya masing-masing. Beberapa minat pengguna seperti buku, movies, drama korea, kpop, kalian harus menyesuaikan itu semua. Apabila target pengguna aplikasi kalian adalah kpop maka buatlah desain user interface yang memiliki sentuhan budaya korea agar aplikasi kalian menarik untuk digunakan. apabila target pengguna adalah pecinta uku maka gunakanlah user interface yang simple dan tidak terlalu memiliki banyak warna.

No comments:

Post a Comment