Always Be Professional

Search This Blog

February 20, 2020

5 Orang Yang Berpengaruh Dalam Sebuah Tim Multimedia

 Pada era revolusi industry 4.0 teknologi informasi dan komunikasi merambah ke segala aspek kehidupan. Salah satu teknologi yang berkembang pada saat ini adalah teknologi multimedia. Multimedia sekarang menjadi salah satu aspek yang krusial dalam membangun teknologi informasi dan komunikasi yang menarik.
Tak heran bahwa banyak perusahaan yang bergerak di bidang teknologi sangat membutuhkan tenaga kerja yang mahir di bidang multimedia. Memiliki skill di bidang multimedia sangat diperlukan pada zaman sekarang ini. seorang yang memiliki skill multimedia bisa bekerja dibawah naungan perusahaan ataupun bisa bekerja sebagai freelancer.
Bekerja di bidang multimedia tidak hanya dilakukan satu orang saja melainkan  tim khusus yang terdiri  dari beberapa orang yang memang sudah menguasai bagiannya masing-masing. Berikut adalah 5 skill dasar yang harus dimiliki oleh sebuah tim multimedia :

1. Graphic Designer
 Dalam tim multimedia ahli desain grafis sangat dibutuhkan. Ahli desian grafis dituntut untuk dapat menggabungkan elemen-elemen multimrdia seperti teks, symbol, gambar kedalam satu karya yang komunikatif dan menarik. Ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh desainer grafis seperti keseimbangan, proporsi, dan kesatuan.
Ada banyak software aplikasi yang dapat digunakan oleh seorang desainer grafis, diantaranya adalah CorelDraw, Adobe Photosho, Adobe Illustrator, Inkscape dan banyak software aplikasi lainnya yang dapat digunakan oleh sorang desainer grafis.

2. Animator
Seorang ahli animasi atau dikenal dengan animator juga sangat dibutuhkan dalam sebuah tim multimedia, karna dengan adanya ahli animasi dapat membuat desain antarmuka aplikasi ataupun website yang dibuat semakin menarik perhatian user. Desain antarmuka memang merupakan aspek yang harus diperhatikan dalam sebuah aplikasi ataupun website.
Ada banyak sekali software aplikasi yang dapat digunakan oleh seorang animator diantarnya adalah Blender, KeyShot, Toon Boom Harmony, dan masih banyak software aplikasi yang bagus digunakan oleh seorang animator.

3. Spesialis Video
Seorang Spesialis Video harus bertanggung jawab dalam semua hal yang menyangkut tentang video baik itu syuting sampai editing. Seorang spesialis video harus  memiliki pemahamn yang baik mengenai pengambilan gambar untuk pemrograman interaktif.  Selain itu seorang spsialis video juga harus ahli dan berpengalaman bekerja dalam blue screen untuk  pembuatan video.

4. Spesialis  Audio
Seorang spesialis video haru mampu dalam membuat program multimedia menjadi lebih hidup, dengan memasukkan music, ataupun rekaman suara dan sejenisnya. Seorang spesialis Audio  harus memiliki pengalaman yang baik mengenai teknik rekaman audio. Selain itu seorang spesialis audio harus memiliki pemahaman mengenai standar aturan rekaman serta harus menguasai MIDI.

5. Writer
Dalam tim multimedia seorang penulis juga dibutuhkan. Penulis bertugas untuk menentukan karkater, aksi, skrip, narasi dan lainnya. Pastinya penulis harus memiliki kemampuan berikir dan menulis yang sangat baik. Seorang penulis multimedia harus memiliki pemahaman mengenai desain interaktif.

Bagi kalian yang tertarik untuk menjadi salah satu dari tim multimedia mulailah menentukan passion kalian dan dalami passion tersebut.

2 comments: