Always Be Professional

Search This Blog

April 29, 2020

5 Aplikasi Editing Audio


Salah satu komponn multimedia adalah audio. Artikel mengenai audio sudah saya bahas di artike sebelumnya. Sekarang, kita akan memasuki topic mengenai audio editing. Audio editing adalah proses memanipulasi audio untuk mengubah panjang, kecepatan, dan volume atau untuk membuat versi tambahan seperti loop. Pengeditan audio hampir selalu dilakukan dengan menggunakan komputer dan perangkat lunak pengedit audio tetapi biasanya dilakukan dengan pita analog dan pisau cukur dengan penyambungan dan perekaman di dunia pra-digital. Sekrang banyak sekali tools gratis yang dapat kita gunakan untuk mengedit atau bahkan membuat auio kita sendiri untuk projek multimedia. Membuat audio pastinya lebih membuat karya projek multimedia kita lebih orisinal.

Berikut adalah 5 tools untuk audio editing :

1. Audacity

Audacity adalah produk open source yang berfungsi pada perangkat Mac, Linux, dan Windows. Selama bertahun-tahun, ia telah mengembangkan pengikut yang luar biasa, artinya terus diperbarui dengan fitur dan plugin baru agar tetap kompetitif dengan editor audio lainnya. Dengan editor audio ini, Anda dapat mengedit file pra-rekam, menangkap suara baru, menambahkan efek, dan mengalirkan podcast. Sementara pemula mungkin akan sedikit susah karena tampilan visual yang rumit dari user interface Audacity.

2. Audiotool

Audiotool adalah platform online gratis yang memungkinkan kita untuk membuat dan menerbitkan trek musik. Tidak seperti paket software pengedit audio gratis lainnya, Audiotool adalah platform di dalam peramban sehingga tidak perlu menginstal klien lokal untuk menggunakannya, meskipun plugin Chrome tersedia. Editor audio ini membagikan lebih banyak DNA dengan program Garage Band Apple daripada kebanyakan editor audio.
Dengan menggunakan audio tool kita dapat merekam segmen suara selama 30 detik untuk digunakan sebagai sampel yang kemudian dapat dicampur dengan instrumen digital yang sudah ada di dalam sistem Audiotool. kita juga  dapat memodifikasi trek dengan Audiotool dengan menambahkan filter dari 14 pilihan efek yang berbeda. dan kita  juga dapat membuat pengontrol MIDI dalam program atau menggunakan alat pembagi untuk menipiskan dan memodifikasi sinyal audio Anda.

3. Oceanaudio

Ocenaudio adalah editor  gratis untuk melakukan pengeditan yang merusak pada file audio. Ocenaudio juga mencakup sejumlah efek dan dukungan untuk plugin VST (dan plugin AU pada Mac). Ini adalah editor sederhana, tetapi sangat cocok untuk pengguna yang mungkin agak kesulitan dalam menggunakan Audacity karna desain user interface nya susah. Ocenaudio sangat bagus untuk mengedit file besar. Oceanaudio dapat digunakan pada sistem operasi windows, mac, dan linux.

4. TwistedWave Online

TwistedWave Online adalah tools berbasis web untuk audio editing. Kita dapat menggunakan TwistedWave Online untuk membuat rekaman dan mengedit file yang sudah kita miliki. Kita bisa langsung merekam di browser ataupun mengunggah file sendiri untuk diedit. Tentu saja, Anda harus menunggu file Anda untuk diunggah sebelum diedit, dan ada beberapa penundaan dalam pemutaran saat kita menggunakan aplikasi. TwistedWave Online menyertakan beberapa efek selain fitur pengeditan yang biasa. Kita dapat memperkuat audio, membuat fade, dan mengubah nada atau kecepatan.

5. Ashampoo Music Studio 2019

Ashampoo Music Studio 2019 adalah editor audio khusus Windows dan merupakan pilihan bagus bagi pengguna yang perlu memodifikasi file suara untuk pertama kalinya. User interface aplikasi editing audio ini sangat mudah digunakan dengan jendela pratinjau bentuk gelombang besar yang menggunakan sebagian besar layar Anda, dan tombol untuk fungsi-fungsi utama seperti memotong dan menempelkan bagian audio Anda yang ditampilkan di bawahnya.
Dengan Ashampoo, Kitatidak mendapatkan dukungan multi-track sehingga editor audio ini paling cocok untuk menyusun ulang klip audio sederhana. Seperti namanya, Ashampoo Music Studio lebih dari sekadar editor audio dasar. Anda sebenarnya dapat menggunakan freeware ini untuk mendesain label CD, mengedit tag metadata file, mengonversi berbagai format audio, dan menyalin atau membakar disk.

No comments:

Post a Comment