Always Be Professional

Search This Blog

February 22, 2020

ARRAY vs POINTER vs STRUKTUR

1. Perbedaan Array, Pointer, dan Struktur

Array merupakan sekumpulan variabel yang mempunyai tipe data yang sama baik itu integer, float, maupun char.  Array bersifat statis dimana memori dialokasikan pada saat deklarasi variabel.

Sedangkan struktur adalah sekumpulan variabel yang yang mempunyai tipe data berbeda. Biasanya struktur digunakan untuk merepresentasikan sebuah record didalam basis data. Struktur bersifat user defined yang mana variabel didefinisikan sendiri oleh programmer.

Berbeda dengan pointer, pointer adalah variabel yang mengarahkan kepada lokasi alamat tertentu. Pointer bersifat dinamis dimana memori dialokasikan pada saat program dijalankan.

2. Array

2.1 Cara Mendeklarasikan  Array

Contoh diatas merupakan deklarasi array satu dimensi yang mana arraysize harus merupakan bilangan yang lebih besar dari nol dan type dapat berupa jenis tipe data yang ada didalam Bahasa C.

Contoh :

2.2 Cara Mengakses Array
Mengakses array harus ditentukan dari indeks yang diakses. Indeks di array dimulai dari indeks ke 0.

Contoh :

3. Pointer

3.1 Cara Mendeklarasikan Pointer

type *pointer_name;

type dapat berupa jenis tipe data yang ada didalam Bahasa C seperti int, float, double, char. Nama pointer bebas ditentukan oleh programmer.

Contoh :
3.2 Cara Mengakses Pointer

Untuk mengakses pointer yang harus dilakukan adalah dengan  menetukan halaman yang dituju.

Contoh :

4. Struktur

4.1 Cara Mendeklarasikan Struktur

Untuk mendeklarasikan struktur kita harus menggunakan keyword struct.
structure tag bersifat opsional dapat didefinisikan dengan apa saja yang mewakili sebuah record.

Contoh Deklarasi Struktur :

Selain menggunakan keyword struct, untuk mendeklarasikan struktur dapat menggunakan keyword typedef. typedef  berfungsi sebagai nama lain / alias dari tipe data. Digunakan untuk meringkas tipe data struktur sehingga mudah diakses.

4.2 Cara Mengakses Struktur

Untuk mengakses elemen dari struktur mengguanakan tanda titik (.). tanda titik digunakana ditengah antara nama variabel struktur dan anggota struktur yang ingin diakses.

Contoh :



3 comments: