Always Be Professional

Search This Blog

September 30, 2020

Jenis Lisensi Sistem Operasi

 

APA ITU SISTEM OPERASI ?


Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang dapat mengatur aplikasi dan hardware. Sistem operasi juga merupakan jembatan antara user dengan computer. Hal itu semua diatur oleh sistem operasi. Kita semua pastinya udah ga asing dengan sistem operasi . sistem operasi di jamn yang modern ini merupakan salah satu kriteria dalam memilih barang elektronik terutama komputer  dan laptop. 

Ada beberapa jenis sistem operasi yang memang sudah tidak asing kita dengar contohnya windows, mac, ataupun linux dan lain sebagainya. Sistem operasi ini masing-masing mempunyai lisensinya masing-masing. 

Setiap sistem operasi mempunyai lisensinya masing-masing.  Lisensi menurut UU No 19 th 2002 ttg Hak Cipta Bab I pasal 1 Lisensi adalah “izin yang diberikan oleh Pemegang Hak Cipta atau Pemegang Hak Terkait kepada pihak lain untuk mengumumkan dan/atau memperbanyak Ciptaannya atau produk Hak Terkaitnya dengan persyaratan tertentu”. Berikut adalah lisensi dari sistem operasi : 

1. Lisensi commercial

Lisensi ini merupakan lisensi untuk perangkat lunak yang biasanya untuk emmakai perangkat lunak trsebut harus membayar terlebih dahulu.  Misalnya : sistem operasi Microsoft Windows (98, ME, 200, 2003, Vista), Microsoft Office, PhotoShop, Corel Draw, Page Maker, AutoCAD, beberapa software Anti Virus (Norton Anti, MCAffee, Bitdefender, Kaspersky), Software Firewall (Tiny, Zona Alarm, Seagate), dan lain sebagainya. 

Ada masanya windows yang kalian gunakan habis masa aktivasi nya. Jika saat ituterjadi  kalian harus membayar kembali untuk dapat melakukan akses windows. Apabila klian hanya menginstall ulang di konter terdekat itu berarti kalian menggunakan sistem operasi yang illegal.


2. Lisensi trial 

Lisensi trial ini merupakan lisensi  perangkat lunak yang dapat diakses dalam jangka waktu tertentu saja. Misalnya hanya 30-60 hari. Pengguna dapat mengakses semua fitur yang ada pada perangkat lunak tersebut tapi hanya dalam wakku yang sudah di tentukan.


3. Lisensi freeware

Lisensi freeware merupakan lisensi untuk perangkat lunak yang mana kita bisa memakai perangkat lunak tersebut sesuka hati tanpa ada biaa sepeserpun akan tetapi kita tidak boleh merubah hak cipta dan isi dari perangkat lunak tersebut. 


4. Lisensi open source 

Lisensi open source adalah jenis lisensi yang diberikan kepada suatu pengguna yang telah membeli atau membayar lisensi untuk penggunaan software tertentu yang akan dipasang (install) ke beberapa perangkat komputer yang akan dipergunakan. Biasanya lisensi jenis ini hanya akan ditunjukan oleh satu lembar surat lisensi untuk pemakaian beberapa perangkat komputer. Misalnya pembelian lisensi untuk pemakaian Sistem Operasi Microsoft Windows XP Profesional Editions untuk 50 unit perangkat komputer dan ditunjukan hanya dengan satu lembar surat lisensi.


5. Lisensi limited (terbatas) 

Lisensi terbatas adalah jenis lisensi yang diberikan kepada software-software yang bersifat non komersial/freeware dan digunakan hanya untuk kepentingan-kepentingan non komersial seperti pada instritusi pendidikan (sekolah dan kampus) dan untuk penggunaan pribadi, misalnya antivirus SmadAV yang bukan versi PRO, dan sebagainya.


No comments:

Post a Comment