Always Be Professional

Search This Blog

October 2, 2020

Pemanfaatan Komputer

 



Topik yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah mengenai pemanfaatan komputer didalam kehidupan masyarakat. Seperti yang kita tahu bahwa teknologi komputer mengalami perkembangan yang sangat pesat. Ada banyak inovasi-inovasi baru yang berkembang di seluuh penjuru dunia yang bahkan kita tidak tahu. Pada saat masa sekarang kemampuang dalam bidang computer menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki generasi penerus untuk sukses. 

Pemanfaatan computer dimasyarakat sendiri sudah banyak berkembang di segala aspek kehidupan kemasyarakatan. Ada beberapa bidang diantaranya seperti : bidang pendidikan, bidang kesehatan, dan bidang sains sekalipun. komputer sendiri merupakan alat elektronik yang dapat digunakan yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan yang dapat memudahkan segala pekerjaan manusia.
Berikut adalah beberapa pemanfaatan komputer daam berbagai kehidupan masyarakat : 

1. Komputer dalam kesehatan

Didalam bidang kesehatan tidak lepas dari namanya administrasi. Administrasi tersebut berupa obat-obatan yang harus di stock dirumah sakit setiap harinya. Dengan adanya komputer di dalam dunia administrasi sangat membantu di dalam penyimpanan, pengelompokan, dan pengolahan data. Tanpa komputer, akan sangat sulit sekali untuk memeriksa banyaknya data – data pasien, stok obat, dan data – data lainnya yang dimiliki oleh rumah sakit.
Dengan adanya computer data pasien dalam rumah sakit juga bisa disimpan tana ada batasan tertentu. Dan sangat mudah menemukan data tersebut sehingga tidak menyulitka pihak rumah sakit lagi. Dengan adanya komputer, dokter juga bisa mendiagnosa suatu penyakit. Dengan adanya komputer DNA yang sudah di rancang khusus di dalam bidang kesehatan mendiagnosa suatu penyakit bukan hal yang sulit lagi, karena dengan menggunakan komputer akan lebih cepat, mudah dan akurat untuk mengetahui nama dan jenis suatu penyakit.
Untuk dapat memeriksa pasien terutama bagian dalam membutuhkan computer untuk memeriksanya. Oleh karenanya, komputer memiliki peranan yang vital juga dalam melihat dan menganalisa organ – organ tubuh manusia tersebut.

2. Komputer dalam sains 


Dengan digunakan komputer dalam pemerintahan tentunya sangat membantu pemerintah dalam pengolahan data. Berbagai jenis data seperti data kependudukan, perdagangan, kesehatan, industri, pegawai negeri, angkatan bersenjata, dll Berbagai jenis komputer digunakan untuk menunjang administasi pemerintahan. Tujuan komputer sendiri dalam bidang pemerintahan adalah memberi kemudahan dan kesederhanaan prosedur, sehingga penerapannya memerlukan perubahan struktur organisasi pemerintahan itu sendiri.

3. Komputer dalam pendidikan 


Penggunakaan computer dalam bidang computer memang sudah sangat familiar. Contohnya adalah menggunakan proyektor pada saat melakukan presentasai. Komputer juga merupakan sarana yang bermanfaat untuk mengekspresikan kreatifitas seseorang siswa. Bagi siswa yang hobi menggambar atau menulis, ia dapat menggunakan komputer untuk mendukung karyanya. Dengan komputer kita dapat menciptakan design sendiri dengan bentuk dan warna yang menarik. Begitu juga dengan menulis. Kita tidak perlu lagi menulis karangan secara manual dengan pulpen dan kertas tetapi dengan komputer semua dapat dilaksanakan dengan cepat dan teratur.

No comments:

Post a Comment