Always Be Professional

Search This Blog

February 28, 2020

Tips Dasar Dalam Membuat Teks Multimedia

 sumber
Teks merupakan salah satu komponen terpenting dalam multimedia. Teks merupakan lisan yang dinyatakan dalam bentuk tulisan. Teks merupakan rangkaian kata yang singkat dan penuh akan makna. Didalam multimedia biasanya teks digunakan sesingkat mungkin dan dapat menggambarkan kesuluruhan dari multimedia tersebut baik itu brosur, katalog, dan lain-lain. Teks sudah ada sejak 6000 tahu yang lalu.
Pada saat intu teks digunakan sebagai salah satu media untuk berkomunikasi. 6000 tahun lalu teks haya bisa digunakan oleh para bangsaan saja seperti raja, permisuri, maupun pengeran.  Seiring dengan perkembangan zaman teks sudah bisa digunakan oleh siapapun yang ada didunia ini bahkan memiliki kemampuan didalam teks adalah salah satu kemampuan dasar yang sudah harus di punyai oleh siapapun.

Berikut adalah tips dasar dalam membuat teks di dalam projek multimedia :

1. Singkat, Padat dan Jelas

Dalam menulis teks di dalam sebuah projek multimedia harus singkat padat dan jelas. Walaupun singkat tapi teks didalam sebuah projek multimedia harus dapat menjelaskan secara keseluruhanisi dan maksud dari sebuah projek multimedia tersebut.

2. Typeface dan Font Yang Tepat

Typeface merupakan representasi grafik dari alphabet, angka ataupun special karakter. Sedangkan font merupakan model huruf atau kumpulan karakter dari suatu ukuran dan style.
Contoh font adalah seperti Times New Roman, Calibri, Arial, Algerian, dan lain-lain.
Font harus disesuaikan dengan tujuan dari projek multimedia. Jikalau projek tersebut bertujuan unutk promosi ataupun hiburan font harus dibuat semenarik mungkin  agar pembaca merasa tertarik dan pmembuat projek multimedia tersebut berhasil. Sedangkan jika sutu projek multimedia ditujukan untuk sebuah acara formal alangkah lebih baik agar font yang dipilih harus dapat dibaca dengan baik serta tidak ada gradasi lainnya yang merusak.
Dalam mengedit teks nantinya hindari menarik font yang ingin diedit. Ini adalah salah satu hal yang paling mendasar dalam teks. Biasanya orang menrik font atau membesarkannya adalah agar teks dapat dibaca dengan jelas. Hal ini tentu salah karna anda bisa menyesuaikan font yang lebih besar aupun lebih tinggi. Banyak sekali font yang sudah disediakan oleh aplikasi anda hanya tinggal memilih saja.

3. Perhatikan warna

Warna merupakan elemen pembantu yang membuat teks dapat terlihat lebih hidup. Warna dari teks juga harus disesuaikan dengan keadaan dari projrk multimedia. Apakah warna tersebut cocok diterapkan atau tidak. Misalnya ada sebuah brosur konser band rock akan tetapi warna dari teks dan brosur tersebut adalah hot pink, sungguh ini sangat tidak cocok untuk digunakan.

4. Kombinasikan

Jika menurut anda teks yang anda gunakan terlalu berlebihan dan cenderung menganggu, kombinasikan teks tersebut dengan gambar atau animasi yang menarik dan pastinya harus sesuai dengan tema dari projek multimedia yang kalian buat. Jangan sampe meleset ya .

Jika ingin menguasai multimedia yang harus kalian lakukan adalah dengan memahai secara jelas megenai komponen-komponen dasar pembentuk sistem multimedia. Hali ini pasti akan sangat menunjang karir kalian. Walaupun dalam sebuah projek multimedia ada tim khusus tapi setiap anggota tim arus mempunyai pemahaman yang jelas mengenai komponen dari sistem multimedia.


No comments:

Post a Comment