Always Be Professional

Search This Blog

February 29, 2020

Membuat UI yang Friendly

User interface merupakan bagian dari aplikasi yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan computer maupun handphone untuk meyelesaikan sutu permasaahan.User Interface berbeda dengan Human Computer interface yang mana Human Computer interface  merupakan Perancangan, implementasi, dan evaluasi dari user Interface.

User interace merupakan salah satu hal yang paling terpenting dalam membangun sebuah aplikasi yang sukses. Kesuksesan sebuah aplikasi tidak hanya tergantung pada banyaknya fungsi yang bisa dilakukan oleh aplikasi tersebut melainkan user interface dari aplikasi tersebut yang dapat membuat pengguna merasa nyaman menggunakan aplikasi tersebut.

User interface dibuat untuk menghasilkan sistem yang berguna serta aman untuk digunakan. Selain itu user interface juga dibuat untuk mengurangi frustasi, kebingungan, dan ketidaknyamanan para pengguna pada saat menggunakan sebuah aplikasi. User interface juga dibuat agar pengguna mendapatkan feedback dari apa yang dibutuhkannya pada saat menggunakan suatu aplikasi. User interface dituntut dibuat se-user friendly mungkin agar pengguna merasa nyaman pada saat menggunakan suatu aplikasi. Ini merupakan juga merupakan salah satu aspek  yang membuat suau aplikasi banyak disukai oleh pengguna.

Berikut adalah syarat dari user interface yang user friendly :

1. Memiliki tampilan yang menarik
Tampilan merupakan hal yang paling pertama dilihat dalam sebuah aplikasi. Pada zaman sekarang banyak sekali aplikasi yang mempunyai fungsi yang sama dan yang membedakan anatar aplikasi tersebyut adalah tampilannya. Semakin bagus dan menarik tampilan suatu alikasi membuat pengguna semkin nyaman untuk menggunakan aplikasi tersebut. Warna tampilan juga harus diseseuaikan dengan tea dari suatu aplikasi.

2. Mudah digunakan

Sebuah aplikasi memang harus mudah digunakan agar tidak membuat pengguna merasa bingung tentang aplikasi yang dibuat. Pada saat sekarang pengguna teknologi aplikasi tidak hanya dari kalangan intektual tetapi semua golongan baik itu tua sampai muda. Agar suatu aplikasi tersebut dapat mencapai semua golongan masyarakat maka aplikasi harus dibuat semudah mungkin digunakan dan ini merupakan tugas dari desainer untuk membuat user interface sebaik mungkin.

3. Mudah dipelajari

Pada saat pengguna pertama kali memakai suatu aplikasi maka pasti pengguna tersebut mempelajari tentang aplikasi tersebut. Baik dari fitur-fitur yang disediakan oleh developer aplikasi maupun menu atau ikon yang ada didalamnya. Rasa keingin tahuan pengguna makin besar. Apabila setelah dicoba ternyata suatu aplikasi sangat susah digunakan maka palikasi tersebut akan ditinggalkan oleh pengguna nya. Maka dari itu user interface yang user friendly harus mudah untuk dipelajari.

4. Membuat pengguna merasa senang

Kenyamanan dan kesenangan pengguna dalam menggunakan sebuah aplikasi dapat juga dijadikan parameter untu menentukan apakah aplikasi tersebut baik atau tidak. Banyak sekarang aplikasi yang membuat penggunanya erasa sengan dengan membuat game sederhana didalam aplikasinya seperti contohnya shopee. Didalam shoppe sendiri ada game-game sederana didalamnya. Ini merupakan contoh user interface yang sangat user friendly.

Nah itu dia kriteria user interface yang user friendly, kalian bisa berpedoman ada 4 poin tadi agar user interface yang kalian buat dapat menjadi user friendly.

No comments:

Post a Comment