Always Be Professional

Search This Blog

April 15, 2020

LOGO


Topik yang akan kita bahas hari ini adalah mngnai logo. Logo merupakan reklame yang berbentuk gambar yang di gunakan sebagai symbol atau lambang sebuah produk maupun barang . logo memiliki banyak sekali peranan dalam kehidupan sehari-hari. Logo banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan sebgai identitasnya. Tidak hanya perusahaan saja banyak sekali yang menggunakan logo sebagai penjelas dan pembeda satu dengan yang lainnya. Logo harus mempunyai keuikan agar diingat oleh orang lain. Harus ada pembeda antara logo satu dengan logo lainnya. Logo memiliki 5 unsur yang harus dipenuhi. Yaitu:

1. Kesatuan (berhubungan)
2. Dominasi (daya tarik)
3. Irama (berkesinambungan)
4. Proporsi (enak dipandang)
5. Keseimbangan (sama)

Menurut (Safanayong, 2006) ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai desain logo :
1. Tipografi: Banyak logo yang sukses hanya dengan menggunakan tipografi.Tipografi digunakan utuk memberikan semacam "Emosi" kepada orang yang melihatnya.
2. Warna : warna merupakan hal yang terpenting agara embuat logo lebih menarik untuk dipandang. Apabila warna yang kita gunakan salah, bisa jadi pesan dan emosi yang kita ingin sampaikan kepada masyarakat rancu. Warna logo sebaiknya sederhana dan mudah diingat, tetapi tetap bisa memberikan ekspresi langsung kepada masyarakat atau konsumen.
3. Bentuk: Bentuk logo tidak harus uni melainkan harus sesuai dengan inti dari logo tersebut. Misalnya apabila kita ingin membuat desain logo untuk sabun, maka jangan gunakan bentuk yang keras seperti persegi.
4. Keseimbangan: Semu komponen yang ada didalam logo harus seimbang.
5. Selera: Hal ini juga dapat menentukan dalam pembuatan logo mengingat selera setiap orang berbeda-beda dan sangat subyektif. Kita harus mennetukan siapa target dari logo kita. Maka harus disesuaikan dengan selera konsumen pada ummnya.
6. Riset: Riset adalah aspek paling penting dalam membuat sebuah logo. Kita harus mengerti perspektif dari pemesan logo. B
7. Opini: Menerima masukkan dari orang lain menegenai desain logo yang ingin kita buat.

Untuk membuat desain dapat menggunakan golden ratio. Golden Ratio adalah sebuah rasio atau perbandingan kompleks yang disymbolkan dengan huruf Yunani kuno yaitu phi. Golden ratio menggambarkan satu set figur geometrik yang termasuk di dalamnya; garis, lingkaran, segiempat. Golden ratio telah digunakan sejak jaman dulu dalam berbagai penerapan termasuk dalam bidang seni dan arsitektur.  Golden Ratio dinyatakan sebagai acuan yang utama dalam membuat sebuah rancangan. Golden ratio adalah bilangan irasional yang nilainya mendekati 1,618.

Golden ratio biasanya disimbolkan dengan huruf Yunani φ. Angka ini sering muncul dalam konsep geometri, seni, arsitektur, hingga struktur makhluk hidup. Golde ratiomemiiki hubungan yang sangat erat dengan  turunan bilangan fibonacci. Banyak sekali perusahaan terkenal yang memilih metode golde ratio untuk membuat logo diantaranya adalah Apple. Untuk mendesign menggunakan golden ratio bisa menggunakan adobe illustrator.

No comments:

Post a Comment