Always Be Professional

Search This Blog

April 29, 2020

PENTINGNYA DESAIN UI DAN IMPLEMENTASINYA


Setelah mengenal dengan baik apa itu user interface selanjutnya kita kan membahas mengenai seberapa pnting ui pada sebuah aplikasi. Ui sendiri merupakan desain antarmuka antara pengguna dengan computer atau sebuah perangkat dari computer. User interface dibuat sedemikian rupa untuk meningkatkan pengalaman pengguna dari sebuah aplikasi. Pada jam sekarang, dapt kita lihat perkembangan user interface sangat pesat. Desai-desainnya pun semakin berkembang baik dari segi warna symbol serta kreativitas. Sebuah aplikasi baik berbasis platform mobile ataupun web dikatakan baik di dalam kacamata user adalah apabila aplikasi tersebut memiliki antarmuka pengguna yang baik dan ramah serta dari segi visual aplikasi juga harus menarik untuk dilihat.

Ada beberapa aspek yang sangat penting dalam mendesain :

1. Konsistensi warna, font, ikon simbol dan tombol diperlukan. Tentu hal ini membuat kemudahan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi. Oleh karena itu, kombinasi font dan warna mempunyai peran yang sangat penting dalam menciptakan pengalaman dan nuansa yang luar biasa dari aplikasi seluler. Ini juga membantu Anda tetap konsisten dengan branding bisnis.
2. Tidak menggunakan gaya, elemen, atau visual yang rumit dalam aplikasi, hal ini dapat menghilangkan niat pengguna untuk memakainya. Pengembangan aplikasi seluler harus jauh dari desain eksklusif dan menarik.  Kontenlah yang  memainkan peran  dalam desain sederhana namun lengkap.
3. Keseragaman dalam UI keseluruhan dari aplikasi seluler diperlukan agar membantu pengguna untuk menentukan pola penggunaan aplikasi, yang memungkinkan mereka untuk mengakses informasi.

Sebelum dipakai untuk aplikasi desain antarmuka pengguna dari sebuah aplikasi pastinya harus diuji terlebih dahulu agar lebih meningkatkat kualitas dan kuatitas sebuah aplikasi. Untuk menguji dsebuah desain user interface pastinya kita harus mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Pastikan kita membuat desain sesuai dengan target pengguna dari aplikasi yang ingin dibuat
2. Setelah itu kita harus membuat wireframe dari desain antarmuka yang ingin kita buat.
3. Setelah wireframe dari aplikasi jadi, kita memasuki langkah selanjutnya dengan membuat mockup dari desain antarmuka dari aplikai. Hal ini bertujuan untuk lebih memastikan desain antarmuka pengguna aplikasi yang pas dan cocok.
4. Setelah membuat mockup kita harus mengimplemetasikan mockup tersebuat kedalam sebuah prototype. Kita harus membuat prototype sedemikian rupa untuk dapat dipakai sebagai contoh desain yang akan kita berikan kepada user.
5. Setelah ptototype selesai pastikan baha setiap fungsi yang ada dalam menu dapat berfungsi dengan baik dan jelas. Sehingga tidak membuat user merasa bingung.

Setelah jadi prototype aplikasi yang ingin kita buat kita dalam menggunakan metode kuisioner dalam metode pengujian antarmuka pengguna.  Kuisioner yang dapat digunakan untuk menguji antarmuka pengguna adalah kuisioner sus. Yang man kuisioner ini memiliki 10 pertanyaan mengenai desain antarmuka pengguna aplikasi.

No comments:

Post a Comment