Always Be Professional

Search This Blog

May 6, 2020

Video Editing



Topic yang akan dibahas pada artikel ini adalah mengenai video editing. Video editing adalah proses memanipulasi dan mengatur ulang pengambilan video untuk membuat karya baru. Video editing biasanya dianggap sebagai salah satu bagian dari proses pasca produksi - tugas pasca-produksi lainnya termasuk pemeberian judul, koreksi warna, pencampuran suara, dan lain sebagainya. Banyak orang menggunakan istilah editing untuk menggambarkan semua pekerjaan pasca produksi mereka, terutama dalam situasi non-profesional. Untuk menghsilkan video yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan kita, pastinya video editor mengetahui dengan jelas tentang tujuan pembuatan video. Ada beberapa tujuan pembuatan video seara umum diataranya :

1. Menghapus rekaman yang tidak diinginkan
        Ini adalah tugas paling sederhana dan paling umum dalam pengeditan. Banyak video dapat ditingkatkan secara dramatis hanya dengan menyingkirkan bit yang cacat atau tidak diinginkan.

2. Pilih rekaman terbaik
        Merupakan tujuan umum untuk merekam rekaman yang jauh lebih banyak daripada yang sebenarnya Anda butuhkan dan hanya memilih bahan terbaik untuk hasil edit akhir. Seringkali kita akan memotret beberapa versi (pengambilan) bidikan dan memilih yang terbaik saat mengedit.

3. Membuat flow video
        Sebagian besar video melayani tujuan seperti bercerita atau memberikan informasi. Mengedit adalah langkah penting dalam memastikan video mengalir dengan cara yang mencapai tujuan ini.

4. Tambahkan efek, grafik, musik, dll
        Ini sering merupakan bagian "wow" dari pengeditan. Anda dapat meningkatkan sebagian besar video (dan bersenang-senang) dengan menambahkan elemen tambahan.

5. Ubah gaya, kecepatan, atau suasana video
        Editor yang baik akan dapat membuat permintaan suasana hati halus dalam video. Teknik seperti musik suasana hati dan efek visual dapat memengaruhi reaksi penonton.

Video editing sangat penting karena itu adalah kunci untuk memadukan gambar dan suara untuk membuat kita merasa terhubung secara emosional dan kadang-kadang benar-benar ada dalam film yang kita tonton. Mengedit video adalah salah satu pekerjaan paling penting dalam industri film.
Untuk mengedit video sudah banyak free tools yang tersedia di internet. Kita bisa menggunakannya sesuka hati. Beberapa contoh diantaranya adalah :

1. Blender

Blender merupakan software opern soure yang mana kita bisa mengakses semua fitur yang ada di software ini secara gratis. Blender sebenarnya di desain untuk membuat animasi 3D tapi software ini secara keseluruhan sangan membantu video editor. Blender sendiri sudah uckup memenuhi kebutuhan video editor untuk mengedit video.

2. Openshot

Openshot sepenuhnya open source, yang menjadikannya salah satu perangkat lunak pengeditan video terbaik yang dapat diakses. software gratis ini memberikan keseimbangan yang bagus antara fitur-fitur canggih dan antarmuka yang sederhana. Ini juga memungkinkan pratinjau waktu-nyata ketika Anda membuat transisi di antara klip.

3. Lightworks

Lightworks adalah salah satu editor video yang lebih kuat dalam daftar. Ini benar-benar dikemas dengan fitur yang bermanfaat. Versi gratis harus lebih dari cukup untuk sebagian besar pengguna. Versi pro harganya sekitar $ 25 atau RP. 379.000 per bulan.

No comments:

Post a Comment