Always Be Professional

Search This Blog

December 16, 2020

8 OS MOBILE WAJIB DIKETAHUI !

 


Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai sistem operasi pada perangkat mobile. Sistem operasi mobile sendiri merupakan suatu sistem operasi yang mengontrol sistem dan kinerja pada barang elektronik yang mobile, mirip dengan fungsi Windows, Mac OS X, dan Linux pada Desktop PC atau Laptop/Notebook tetapi lebih sederhana. Ada banyak sekali sistem operasi mobile yang berkemang pada saat sekarang. Sistem opearsi yang paling digemari dan memeiliki pengguna terbanyak diantaranya adalah ios dan android. 


Akan tetapi tahukah kalian bahwa banyak sekali sistem operasi lainnya. Sebelum android dan ios menginvasi semua sistem opearsi mobile Blackberry os sudah terlebih dahulu melakukannya. BBM merupakan salah satu fitur yang sangat terkenal pada saat itu. Berikut adalah sistem operasi mobile yang harus kalian ketahui

1. Android 

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat mobile layar sentuh seperti smartphone dan tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android,Inc. Kemudian dibeli Google pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007 Android adalah sistem operasi open source yang memungkinkan untuk dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi.

2. IOS

iOS merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch Apple tidak melisensikan iOS untuk diinstal di perangkat keras non-Apple.

3. Windows phone,

windows phone merupakan salah satu operasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Windows phone cenderung memiliki harga yang sedikit tinggi, karena itu jarang ditemukan.

4. Symbian

Di tahun 2008, Symbian OS secara resmi menjadi milik Nokia setelah sebelumnya Symbian Ltd. Artinya, perusahaan lain harus mendapat izin dari Nokia sebelum menggunakan sistem operasi ini. os satu ini pastinya salah satu os paling legend. Os ini merupakan os yang digunakan oleh nokia. Hp paling legend pada masanya.

5. Palm os

Palm os merupakan sistem operasi yang digunakan pada PDA ( personal digital assistant). Palm OS ini dirancang untuk bekerja pada perangkat dengan touchscreen berbasis GUI. Beberapa tahun kemudian diupgrade dan mampu mendukung smartphone. Sayangnya, perangkat dengan palm OS ini tidak terlalu populer di pasaran dan sejak tahun 2009 pengembangannya dihentikan. 

6. Blackberry os

Merupakan sisitem operasi yang digunakan oleh smartphone blackberry yang terkenal pada masanya. 

7. Harmony os

os yang satu ini merupakan os yang dikembangkan langsung oleh Huawei.  Sistem operasi ini digunakan untuk menggantikan ketergantungannya pada Android. Di China, software tersebut dikenal dengan nama Hongmeng.

Perusahaan mengatakan sistem operasi Harmony dirancang untuk di semua jenis perangkat mulai dari smartphone, speaker, jam tangan pintar, komputer, hingga sistem dalam kendaraan melansir The Verge

8. Tizen 

Tizen merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Samsung untuk penggunaan produk-produk Samsung. Tizen dicipatakan untuk tujuaan agar dapat menggantikan android kedepannya.



No comments:

Post a Comment