Always Be Professional

Search This Blog

October 9, 2020

E-GOVERMENT



Pada topic kali ini kita akan membahas mengenai e-government atau peranan computer dalam bidang pemerintahan. Sebelum itu, kita harus mengetahui dulu apa itu ? 

Pemanfaatan  komputer  di  berbagai  bidang memiliki  dampak  yang  baik  bagi berkembangnya  suatu  daerah,  termasuk manfaat  dalam  bidang  pemerintahan.  Cepat lambatnya  evolusi  sebuah  pemerintahan  dari knowledge  society  menuju  E-government sangat  tergantung  dari  seberapa  peka pemerintah  dan  masyarakatnya  dalam membaca  tandatanda  zaman  (tren  atau kecenderungan) 


Komputer  berasal  dari  kata  ‘to compute’  yang  berarti  berhitung. Tetapi komputer  saat ini bukanlah sebagai alat hitung saja tetapi  adalah alat dengan konstruksi  elektronika  yang  mempunyai storage  internal dan bekerja  dengan  bantuan  sistem  operasi menurut program-program yang diberikan kepadanya


Pemerintah  pada  dasarnya  adalah  pelayan masyarakat  yang  selalu  berupaya  untuk meningkatkan  kualitas  pelayanannya  dari waktu ke waktu. Komputer  dalam  pemerintahaan/E-government  mengacu  pada penggunaan teknologi informasi oleh instansi-instansi atau badan-badan pemerintahan(misal dengan Wide Area  Networks, Internet, dst), yang  dengan  semua  itu  mempermudah  dan meningkatkan  kemampuan  transfomasi hubungan  antara warga negara,  dunia bisnis, dan  bagian-  bagian  lain  dari  pemerintahan.


Pada dasarnya  E-government  merupakan penggunaan  teknologi  informasi  yang  dapat meningkatkan  hubungan  antara  pemerintah dengan  pihak-pihak  yang  lain.  Banyak penelitian mengenai penerapan  E-government di berbagai kota di Indonesia.


Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan dari e-government diantaranya : 

1. Pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

2. Peningkatan hubungan antara pemeritah, pebisnis, dan masyarakat umum.

3. Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.

4. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.

5. e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.


Selain dampak positif atau manfaat yang kita dapatkan ada uga damak negative dari e-government diantaranya : 

1. Privasi sebuah negara akan terkikis, akibat dari semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah yang berdampak terhadap keamanan negara.

2. Maraknya penyebaran informasi palsu (hoaks) oleh oknum tertentu, akibat dari mudahnya akses internet.

3. Biaya awal yang tinggi, karena penyusunan infrastrukturnya membutuhkan biaya yang besar.

4. Jangkauan akses, harus diakui tidak semua orang bisa mengakses internet dengan mudah misalnya mereka yang berada di pedalaman akan sulit untuk mendapat pelayanan yang maksimal akibat dari kurangnya akses internet.

5. Penurunan jumlah karyawan. Perkembangan teknologi yang semakin maju menjadikan peran atau tenaga manusia tergantikan oleh alat atau mesin.


Dari perkembangan teknologi computer pada bidang pemerintahan yang sanagt jelas ada diindonesia adalah e-ktp. Bahkan sekarang pun membayar pajak bisa dilakukan secara online yang mana sagat membantu dalam pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien. 

.


No comments:

Post a Comment