Always Be Professional

Search This Blog

October 14, 2020

Mengenal LINUX



Pada topic kali ini kita akan membahas mengenai sistem operasi linux.  Linux adalah sistem operasi bebas dan sumber terbuka yang dibangun di atas kernel Linux. Dengan lisensi bebas dan sumber terbukanya (open source), Lisensi Publik Umum GNU, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Sistem operasi Linux dibuat oleh Linus Torvald pada tahun 1991 pada saat itu linus  masih pada masa perkuliahan di Universitas Helsinski, Finlandia. Sebelumnya, Richard Stallman pum sudah terlebih dulu mengembangkan project GNU. Dalam project tersebut, Stallman adalah pencipta linux untuk menciptakan sistem operasi yang benar-benar free.  Yang benar-benar dapat diakses semua orang dan dapat dikembangkan oleh siapa pun.

Kelebihan Linux 

Berikut adalah kelebihan-kelabihan linux yang perlu kita ketahui :

1. Linux merupakan os yang open source sehingga dapat digunakan secara gratis tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

2. Jarang sekali ada orang yang menyebarkan malware pada pengguna linux, sehingga tingkat keamanannya lebih sedikit tinggi. Sehingga sangat memungkinkan jika kita tidak menginstall antivirus di laptop jika menggunakan linux.

3. Linux sering digunakan sebagai sistem operasi untuk server, cloud computing, dari berbagai perusahaan di seluruh dunia.

4. Linux tidak membutuhkan computer atau laptop dengan spesifikasi tinggi. Karena linux sendiri memiliki spesifikasi yang rendah.

5. System Linux memungkinkan jarang terjadinya crash, cenderung lebih stabil dibandingkan OS Windows.

Kekurangan linux

Berikut adalah kekurangan linux yang perlu kalian ketahui :

1. Ketersediaan aplikasi yang kurag dana tidak selengkp aplikasi untuk windows. Tidak semua palikasi windows bisa di install di linux.

2. Sangat tidak direkomendasikan untuk gaming. Linus merupakan os yang tidak ramah akan gamers. So, bagi gamers windows merupakan pilihan yang tepat untuk kalian.

3. Jika kita ingin menggunakan linux, mau tidak mau kita harus bisa dengan fasih menggunakan cmd atu command promp.

4. Pada OS Linux hardware yang dapat digunakan terbatas. Tidak semua hardware baru ataupun lama, bisa digunakan dan dijalankan dengan baik di Linux.


Linux mempunyai banyak jenis sama seperti windows yang mempunyai banyak versi. Berikut adalah linux yang sering digunakan :

1. Debian 

Debian adalah salah satu tipe dari macam-macam sistem operasi Linux yang telah lama ada sejak tahun 1999 lalu dan terus dikembangkan secara teratur di setiap tahunnya, hingga saat ini telah memasuki versi 8. Sistem operasi ini sebenarnya kurang cocok digunakan untuk tujuan personal. Hal ini karena fungsinya lebih diperuntukkan pada penggunaan di sistem komputer server maupun admin.


2. Ubuntu

Ubuntu yaitu tipe sistem operasi Linux yang dasarnya dikembangkan dari Debian. Bedanya, pada sistem operasi ini dapat digunakan tidak hanya pada komputer server dan admin saja, akan tetapi juga dapat digunakan untuk penggunaan pada komputer pribadi atau personal.


3. Linux Mint

Linux Mint pun dapat dibilang cucu dari sistem operasi Debian karena dikembangkan dengan dasar Ubuntu. Sistem dari operasi yang telah dikembangkan untuk tujuan penggunaan pribadi maupun personal (PC) dan telah terbagi menjadi dua varian yaitu CINNAMON dan MATE.



No comments:

Post a Comment