Always Be Professional

Search This Blog

October 21, 2020

SISTEM KOMPUTER

 


Pada topic kali ini kita akan membahas mengenai sistem computer secara umum.  Sistem computer merupakan sebuah sistem yang rumit dan kompleks. Sistem computer tidak hanya berfokus pada  satu atau 2 item saja akan tetapi semua item berhubungan.


Komputer merupakan perangakat elektronik yang berguna untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dulunya Komputer digunakan sebgai alat hitung tapi seiring dengan perkembangan zaman computer mulai di upgrade sampai seperti yang kalian lihat. Ini juga dikarenakan pesatnya perkembangan teknologi informasi yang sampai sekarang pun masih berkembang dengan pesat. 


Sistem computer sendiri terdiri dari hardware (Perangkat keras), software ( perangkat lunak), brainware (pengguna). Dan kita akan bahas satu persatu secara ringkas. 


HARDWARE


Hardware merupakan perangkat keras yang berguna untuk alat inputan maupun alat outputan.  Hardware sendiri terdiri dari perangkat input dan output, prosesor, memori dan interkoneksi antar device.


Input device merupakan alat yang digunakan untuk menerima input.  Ada beberapa alat inputan  yang biasanya digunakan diantaranya : keyboard, mouse, touch screen,  light pen, digitizer graphics tablet, scanner, bar code wand, omr reader (optical mark recognition), sensor, microphone,  joystick, web cam. Adapun output device yang biasa digunakan adalah : printer, graphic display, speaker, monitor, projector, headphone, dan lain sebagainya.


Untuk prosesor merupakan hal yang paling utama yang harus ada. Karena prosesor merupakan otak dari computer. Langkah-langkah prosesor dalam mengolah data adalah :


1. Mengambil instruksi yang dikodekan secara biner dari memori.

2. Men-dekode intruksi menjadi aksi-aksi sederhana.

3. Melaksanakan aksi-aksi ini.


Memori seperti ram atau flashdisk dan alat penyimpanan lainnay juga merupakan hardaware.

Prosesor mempunya tiga komponen utama dalam pengolahan data :

1. CU (Control Unit)

CU berfungsi mengendalikan operasi yang dilaksanakan sistem komputer.

2. ALU (Aritmetic Logic Unit)

ALU berfungsi melakukan operasi aritmatika dan logika.

3. Register

Register bertindak sebagai memori yang sangat cepat, berfungsi sebagai tempat operand-operand dari operasi yang akan dilakukan pemroses.



SOFTWARE 

Software atau yang sering disebut dengan perangkat lunak adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah computer. Software mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah karna tanpa adanya software, hardware tidak dapat digerakkan.

Ada bebarapa fungsi software yaitu :

1. Sebagai penghubung antara computer dan hardware

2. Untuk mengidentifikasi program yang terdapat pada computer

3. Mengatur kerja hardware

4. Beberapa software juga dapat digunakan untuk menerjemahkan perintah dari software yang lain.


Pada software ada yang nama nya sistem operasi yang merupakan inti dari software. Tanpa OS aplikasi tidak bisa untuk dijalankan. Contoh software yang paling sering digunakan adalah Microsoft word, excel dan powerpoint, photoshop, illustrator dan lain sebagainya. 


BRAINWARE

Brainware adalah orang yang menggunakan atau mengoperasikan sebuah perangkat komputer. Brainware merupakan seorang yang paling mengerti dan tahu tentang computer mulai dari hardware maupun software. Brainware sangat penting dalam pemrosesan sistem komputer karena tanpa adanya brainware, hardware dan software komputer tidak akan bekerja atau dimanfaatkan secara maksimal.


No comments:

Post a Comment