Always Be Professional

Search This Blog

October 16, 2020

Komputer Dalam Bidang Transportasi

 


Pada topic kali ini kita akan bahas mengenai peranan computer di dalam bidang tranportasi. Seperti yang kita tahu benyak sekali perkembangan teknologi computer pada jaman sekarang yang sudah diterapkan diberbagai belahan dunia untuk menunjang infrasturktur Negara tersebut. Banyak sekali aspek-aspek kenegaraan yang sudah menggunakan teknologi computer untuk menunjang kegiatan tersebut. 

Bidang transportasi juga sudah menggunakan teknologi computer didalam penerapannya. Dalam hal ini, membuktikan bahwa di bidang transportasi pun menggunakan teknologi computer untuk mempermudah mobilisasi rakyat disebuah Negara tersebut. 

Penggunaan komputer di bidang transportasi, misalnya komputer yang digunakan untuk mengatur lampu lalu lintas. Di Negara maju lainnya banyak kereta yang sudah dipasang alat navigasi modern untuk menggantikan masinis melalui penggunaan satelit dan sistem komputer. Jalan raya juga dipasang dengan berbagai jenis sensor yang akan memberikan pesan kepada komputer pusat untuk memudahkan pengendalian jalan raya tertentu.

Membeli tiket transportasi juga tidak perlu mengatri lagi karena perkembangan teknologi computer. Bahkan sekarang penggunaan computer juga sanagt membantu polisi melacak kegiatan criminal yang terjadi di jalan. Karena setiap lampu merah sudah dipasang sensor ataupun kamera pengaman sehingga dapat mengurangi adanya criminal dijalan.

DAMPAK POSITIF

Berikut adalah dampak positif dari penggunaan teknologi computer pada bidang transportasi :

1. Mempermudah dan mempercepat manusia berpergian dari suatu tempat ketempat lainnya.

2. Menjadi suatu peluang usaha sehingga dapat memperkecil tingkat pengangguran. perkembangan teknologi komputer juga dapat membantu negara yang sulit untuk memecahkan masalah pengangguran.

3. Mempermudah suatu negara untuk bekerja sama dengan negara lainnya dalam bidang ekpor ataupun impor.

4. Akan lebih cepat mendapatkan informasi- informasi yang akurat dan terbaru di belahan bumi bagian manapun melalui internet.

5. Perjalanan menjadi lebih efisien dengan menggunakan kendaraan modern

DAMPAK NEGATIF 

Berikut adalah dampak negative yang mungkin di timbulkan oleh penggunaan teknologi computer pada bilang transportasi : 

1. Merusak alam.

2. Meningkatkan terjadinya kecelakaan.

3. Menyebabkan terjadinya kemacetan.

4. Dapat merusak kesehatan akibat polusi udara.

Ada banyak sekali teknologi yang sudah berkembang dengan sangat peast di indonesia yang menyokong transportasi indonesia :

1. Go-Jek

Dahulu, orang menggunakan ojek harus mencarinya terlebih dahulu. Akan tetapi sekarang, dengan cara menunggu dirumah dan menggunakan aplikasi go-jek kita sudah bisa memesan gojek dengan cara online tanpa berpanas-panasan diluar rumah. Seiring dengan perkembanggannya go-jek juga bisa digunakan sebagai jasa anta makanan. Sungguh sangat menarik bukan ?


2. Google maps

Aplikasi yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Google maps digunakan untuk kita mencari alamat yang belum kita ketahui. Jadi gausah khawatir lagi kalo  pergi ketempat orang dan itu merupakan pengalaman pertama dijamin ga bakalan tersesat kalau menggunakan aplikasi yang satu ini. 


No comments:

Post a Comment