Always Be Professional

Search This Blog

March 18, 2020

Mengenal Komponen Multimedia : Video

Video merupakan salah satu komponen dari sistem multimedia yang mmepunyai peran sangat penting untuk sebuah projek multimedia. Video merupakan Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Pada zaman sekarang dengan hanya menguasai komponen video dari sistem multimedia orang di dunia sudah dapat menghasilkan uang. Hal tersebut justru sangat digandrungi oleh orang- orang diseluruh dunia, apalagi kalau bukan dengan menjadi seorang youtuber.

Tak bisa dipungkiri bahwa peranan video sangat besar untuk kehidupan pada saat sekarang. Baik untuk hiburan, pendidikan, politik, dan lainnya. Video pastinya ada dampak buruk dan dampak negative yang ditimbulkan. Ada keuntungan dan kerugian yang akan didapatkan. Keuntungan video adalah Menambah semangat bagi yang melihat, Menambah perhatian, Mengklarifikasikan aksi fisikal yang kompleks, Dapat menggabungkan media lainnya. Kerugian dari video adalah Sangat mahal untuk diproduksi, Membutuhkan memori dan penyimpanan tambahan, Membutuhkan peralatan special, Tidak secara efektif menggambarkan konsep abstrak dan situasi static.

Berikut adalah hal yang yang harus diketahui mengenai video :

1. Resolusi dan rasio video

Resolusi video adalah jumlah pixel pada setiap dimensi video. resolusi video basanya dinyatakan dengan pixel yang mana (panjang x lebar). Berikut adalah encode  resolusi video :
2160p : 3840x2160
1440p : 2560x1440
1080p : 1920x1080
720p : 1280x720
480p : 854x480
360p : 640x360
240p : 426x240
Ratio merupakan perbandingan proporsi antara lebar (width) dan tinggi (height) pada bidang gambar video/film.Rasio tidak memiliki satuan ukuran (cm,inch, px dll), namun secara umum hanya dinyatakan dengan dua angka yang dipisahkan dengan titik dua, misalnya 4 : 3 atau 16 : 9. biasanya pada ratio komputer video yang dipakai adalah 16 : 9. selain itu standar video youtube juga 16 : 9.

2. Standard Broadcast Video

Standar Broadcast Video adalah serangkaian aturan yang menentukan tentang bagaimana pengaturan dalam video pada frame, bitrate, metode interlace dan overscan, polaritas gambar, pendkodean suara dan sebagainya. Ada tiga standar broadcast utama yaitu NTSC, PAL, dan SECAM.
NTSC Merupakan singkatan dari National Television System Committee. NTSC adalah sitem televisi analog yang banyak digunakan di benua amerika dan jepang. Sebuah frame format NTSC memiliki 525 garis. Dan setiap detik format video NTSC terdiri dari 30 frame.
PAL(Phase Alternating Line) adalah sistem pengkodean warna untuk televisi analog yang digunakan dalam sistem siaran televisi di sebagian besar negara penyiaran di bidang 625-line / 50 (25 frame) per detik. PAL banyak digunakan di australia, afrika selatan dan eropa. SECAM adalah sistem televisi berwarna analog yang pertama kali digunakan di Prancis. SECAM memiliki memiliki 625 garis. Dan setiap detik format video NTSC terdiri dari 25 frame.

3. File format

File format video yang paling banyak dignakan sekarang adalah MP4, karna YouTube menjadi website yang membuat MP4 semakin populer karena ia menggunakan ekstensi MP4 (selain MKV), sebagai format file standar pada setiap video yang youtube sediakan. Slain MP4 banyak lagi file format lainnya seperti : FLV, AVI, MPEG,3GP, dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment