Always Be Professional

Search This Blog

March 13, 2020

Mengenal User Interface (UI)



Banyak sekali artikel yang sudah kita bahas mengenai user interfece. Sekarang kita akan membahas lebih lanjut dan lebih lengkap mengenai uuser interface. User Interface atau yang disingkat UI adalah bentuk visual atau tampilan pada website atau aplikasi yang ditujukan pada penggunanya agar ada interaksi didalamnya. UI bertugas secara langsung sebagai penghubung antara pengguna dengan sistem yang ada. UI adalah perpaduan yang klop antara elemen-elemen desain grafis dan elemen-elemen sistem navigasi. UI mempunyai fokus mengenai objek didalam aplikasi yang dijadikan sebgai navigasi agar membuat pengguna dengan cepat data meggunakan aplikasi yang dibuat
.
User interface (UI) berdasrakan platform dibagi menjadi 3 bagian yaitu :

           1.       UI Desktop

UI desktop adalah user interface yang digunakan untuk menghubungkan pengguna computer dengan sisitem yang ada di desktop baik itu sistem operasi maupun perangkat software. User interface yang ada pada desktop paa ummnya membunyai ukuran yang lebih besar. User interface pada desktop berinteraksi menggunakan kursor yang dapat digerakkkan oleh mouse maupun melelui touch pad. Untuk mengatur konten iasanya desktop menerapkan tea yang mempunyai banyak kolom karan desktop mempunyai tampilan yang besar.

          2.       UI Mobile

Interaksi pengguna dengan perangkat mobile harus dirancang sedemikian rupa sehingga rentang waktu tindakan pengguna lebih pendek dari pada di perangkat dekstop, tindakan harus sederhana namun terfokus.Selain itu, ukuran layar pada perangkat mobile juga
kecil sehingga jumlah informasi yang dapat ditampilkan terbatas. pada UI mobile juga digerakkan dengan gestures atau sentuhan tangan. mobile biasanya digunakan untuk experimental sehingga tampilan UI harus disesuaikan. Desain UI haruslah cepat saat dibuka sehingga tidak membuat pengguna harus menunggu hanya untuk proses booting. Untuk  membuat desain user interface pada mobile ada 2 metode yang dapat digunakan. yang pertama ialah :

2.1   Material Design for Android (MDfA)
MDfA adalah panduan untuk membuat desain UI pada sistem operasi Android yang mencakup visual, gerak, dan interaksi di seluruh platform dan perangkat. MDfA ini merupakan template UI Android standar yang digunakan pada aplikasi bawaan atau aplikasi milik Google. Semua panduan mengenai standar desain UI aplikasi Android tersedia secara lengkap, seperti tema, widgets, animasi, dan komponen UI lainnya.

2.2   Common Element Sets (CES)
CES merupakan seperangkat elemen UI yang umum atau populer digunakan oleh aplikasi dan muncul setidaknya satu kali pada desain UI lainnya. CES pada UI bisa seperti desain tata letak, desain tombol, desain navigasi, desain form, desain produk dan lain sebagainya. Komponen UI yang umum digunakan dapat merujuk dari desain aplikasi yang populer saat ini.

      3.       UI Website

         UI pada website pada umumnya harus dibuat se-responsif mungkin serta speed yang harus dinaikkan.  Ada 3 prinsip dalam mendesain sebuah website menurut Veen’s design principles, yaitu bisa menjawab pertanyaan:
o   Di mana saya?
o   Kemana saya bisa pergi?
o   Ada apa di sini?
Berikut adalh jenis UI ynag ada pada website :
*      Static - Desain web memiliki ukuran tetap pada semua resolusi browser (pixel)
*      Fluid - Desain web dapat menyesuaikan lebar layout sesuai dengan resolusi browser (%)
*      Responsive – Desain web dapat berganti layout pada resolusi tertentu (desktop&mobile)
*      Responsive fluid – Gabungan Responsive & Fluid (%)
*      Horizontal Scrolling -Desain web dengan menampilkan konten Horizontal atau menyamping)
*      Parallax Scrolling- Desain web dengan layer atau hanya 1 halaman (one page/single page)

No comments:

Post a Comment